Pria Bisa Impoten Cuma Gara-gara Sakit Gigi

Pria biasanya lebih cuek ketika merasakan ada gejala penyakit di tubuhnya, termasuk sakit gigi. Tapi mulai sekarang sepertinya Anda harus lebih memperhatikan kesehatan gigi bila tak mau disfungsi ereksi alias impotensi di usia muda.

Sebuah studi baru menemukan bahwa pria yang mengalami masalah pada gigi dan gusi dua kali lebih mungkin mengalami disfungsi ereksi. Penelitian yang hasilnya sudah diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine, menjelaskan bahwa ketika orang menderita penyakit gusi, bakteri dari mulut dapat masuk ke dalam darah.

Setelah di aliran darah, bakteri dapat mempengaruhi pembuluh darah dan arteri, menyebabkannya mengeras dan menyempit, seperti yang terjadi pada penyakit jantung. Nah, efek pada pembuluh darah ini juga dapat meningkatkan risiko disfungsi ereksi.

Seperti diketahui, telah banyak penelitian menunjukkan bahwa disfungsi ereksi adalah tanda peringatan dini dari penyakit jantung. Hal ini karena tubuh membutuhkan suplai darah yang baik untuk ereksi dan pembuluh darah di daerah yang lebih kecil seperti penis.

Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan dari Inonu University, Turki. Peneliti mempelajari sekelompok pria normal (tanda disfungsi ereksi) dan kelompok lain dengan disfungsi ereksi.

Peneliti menemukan bahwa 53 persen dari pria dengan disfungsi ereksi menderita penyakit gusi yang parah, sementara hanya 23 persen dari mereka yang tidak memiliki penyakit.

“Hubungan ini mungkin tampak sembrono, tetapi penelitian jelas menunjukkan penyakit gusi yang parah sebagai kemungkinan penyebab disfungsi ereksi,” jelas Dr Nigel Carter, chief executive British Dental Health Foundation, seperti dilansir Daily Mail, Kamis (28/3/2013).

Menurut Dr Carter, tidak hanya kesehatan mulut saja yang menjadi pemicu disfungsi ereksi, tetapi juga kepercayaan diri, harga diri dan hubungan dengan pasangan. Untuk menghindari hal itu, ada sejumlah hal yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan perkembangan penyakit gusi.

“Membuang makanan yang terjebak di antara gigi dekat dengan garis gusi merupakan langkah sangat penting untuk mencegah penyakit gusi. Menggunakan sikat interdental atau flossing adalah cara terbaik untuk melakukan hal ini. Menyikat gigi sendiri hanya membersihkan 60 persen dari permukaan gigi, jadi ini adalah cara terbaik menghilangkan plak, penyebab penyakit gusi,” tutup Dr Carter. (detik.com)

PhoneOrder Foredi via SMS Pin BB Add Pin BB