Penting! 1 dari 9 Pria Terinfeksi HPV

Penis BesarHuman papillomavirus atau HPV adalah salah satu infeksi menular seksual yang paling banyak penderitanya di seluruh dunia. Bahkan sebuah data di Amerika Serikat, hampir setiap pria dan wanita yang telah melakukan hubungan seksual secara aktif, terinfeksi sedikitnya satu strain dari HPV.

HPV bisa menyerang berbagai macam organ yang ada dalam tubuh manusia. Penis, vagina, leher rahim (serviks), anus, tenggorokan dan mulut adalah beberapa jenis organ tubuh manusia yang bisa dengan mudah terinfeksi HPV. Banyak dari mereka yang terinfeksi HPV tidak menyadari dirinya terinfeksi sampai muncul keluhan dan sebagian besar dari infeksi HPV bisa sembuh dengan sendirinya.

Dari ratusan strain HPV, ada beberapa yang bisa menyebabkan terbentuknya kutil pada alat kelamin termasuk kanker. Data di Amerika Serikat, setiap tahun sekitar 30.700 pria dan wanita di negara itu terdiagnosa menderita kanker yang disebabkan oleh HPV.

Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of Internal Medicine mencoba melihat lebih dekat tentang infeksi HPV. Setelah melakukan analisa dari data National Health and Nutrition Examination Survey Amerika Serikat dari tahun 2011 sampai 2014, diketahui bahwa infeksi HPV sebagian besar menular melalui seks oral.

Sampai saat ini di Amerika Serikat belum ada pemeriksaan yang dianjurkan untuk mendiagnosa HPV pada pria atau mendiagnosa HPV pada mulut secara umum. Untuk mengetahui angka kejadian HPV oral, studi ini mencoba melakukan pemeriksaan HPV oral dengan cara memeriksa cairan yang digunakan untuk berkumur oleh sampel studi ke laboratorium.

Hasilnya, 1 dari 9 pria atau sekitar 11 juta pria Amerika Serikat terinfeksi HPV pada mulutnya. Uniknya, jenis HPV yang ditemukan pada mulut pria ternyata hanya sedikit yang ditemukan pada mulut wanita atau hanya 3,2%.

Studi ini juga menemukan, salah satu strain HPV penyebab kanker (HPV 16), enam kali lebih sering ditemukan pada pria bila dibandingkan pada wanita.

Menurut Ashish Deshmukh, peneliti yang juga asisten professor pada bagian penelitian, manajemen dan kebijakan pelayanan kesehatan, Universitas Florida, Amerika Serikat, cara pandang masyarakat bahwa infeksi HPV identik dengan wanita perlu diubah.

Pria yang menderita infeksi HPV pada kelamin juga kemungkinan besar mengalami infeksi HPV pada mulut. Studi sebelumnya malah menyebutkan 45% pria yang berusia antara 18 sampai 59 tahun menderita infeksi HPV pada penis dan 30,5% dari pria tersebut terinfeksi HPV dengan strain risiko tinggi.

Dari hasil studi ini selayaknya mulai dipikirkan untuk memasyarakatkan vaksinasi HPV tidak hanya untuk gadis tetapi juga untuk anak laki laki sebab mereka juga memiliki andil dalam penularan HPV. Selain memiliki andil menularkan HPV, laki laki juga berisiko menderita kanker pada mulut dan penis akibat dari infeksi HPV.

Pria penting sekali menjaga kebersihan organ intim supaya terhindar dari HVP, Foredi adalah produk yang bisa sebagai antiseptik khusus pria yang pertama di dunia untuk merawat organ intim pria tetap bersih dan juga efek samping lain bisa lebih tahan lama saat berhubungan. >>> priaharmonis.com