Pengaruh Penurunan Berat Badan Pada Libido Wanita

Ada berbagai hal yang memengaruhi libido wanita. Perubahan libido ini juga disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari berat badan, hormonal hingga pikiran.

Perubahan Berat Badan

Salah satu faktor yang memengaruhi libido namun tak banyak diketahui wanita adalah perubahan berat badan. Ketika Anda mengalami penurunan berat badan, Anda juga akan merasakan perubahan pada gairah seks. Beberapa wanita mengalami kenaikan libido, tapi ada juga yang gairahnya menurun.

Untuk sejumlah wanita, memiliki kelebihan lemak di perut, paha dan tubuh bagian atas bisa menyebabkan mereka tidak percaya diri saat bercinta. Hal itupun dapat menyebabkan penurunan gairah.

Namun seiring lemak di tubuh itu menghilang, perubahan penampilan fisik ini bisa kembali membuat wanita merasa seksi. Ketika rasa seksi itu datang, gairah pun bisa meningkat. Tubuh pun jadi bebas bergerak saat bercinta ketika sudah menjadi lebih ramping.

Sayangnya tidak semua penurunan berat badan membuat wanita percaya diri. Kalau penurunan berat badan itu terjadi karena pengaruh obat-obatan atau sakit, tentunya juga akan mempengaruhi penampilan. Penurunan berat badan yang disebabkan karena faktor tersebut justru bisa membuat wanita kehilangan libidonya.

Perubahan Hormonal

Seperti dipaparkan Live Strong, tubuh wanita akan terus berubah entah itu ketika mereka hamil, penuaan atau mengonsumi obat-obatan. Ketika semua perubahan itu terjadi, homron pun berubah dan mempengaruhi gairah seks. Menurut MayoClinic.com, saat hamil, beberapa hormon yang bisa meningkatkan libido akan naik. Namun setelah melahirkan, khususnya jika ibu menyusui, hormon akan berubah lagi dan menyebabkan menurunnya gairah seks.

Perubahan hormon ini juga terjadi ketika wanita melalui masa transisi menuju menopause. Menurunnya level hormon estrogen membuat wanita tak lagi merasa bergairah. Ketika menopause sudah terjadi, level hormon testosteron meningkat dan libido kembali naik.

Psikologis

Masalah psikologis juga bisa menjadi penyebab menurunnya libido wanita. Ketika wanita memiliki masalah dalam hubungannya dengan pasangan atau berada dalam hubungan yang membuat mereka kerap dikasari tentu ini mempengaruhi baik fisik maupun emosional. Pastinya gairah seks juga akan sangat berpengaruh dan menjadi hilang.

Stres karena masalah pekerjaan, keuangan atau hubungan pribadi yang menyebabkan penurunan berat badan juga dapat mempengaruhi gairah seks. Menurut catatan American Family Physician, penurunan berat badan yang disebabkan oleh tekanan psikologis juga dapat menyebabkan depresi. Oleh karena itulah disarankan untuk menurunkan berat badan dengan cara yang benar dan sehat sehingga tidak akan mempengaruhi kehidupan seks.

PhoneOrder Foredi via SMS Pin BB Add Pin BB