4 Fakta Mengenai Klitoris Wanita

KlitorisAnatomi seks wanita terkadang bisa sangat misterius untuk para pria dan wanita itu sendiri. Tidak banyak orang paham mengenai bagian-bagian intim yang sebenarnya bisa membuat wanita lebih mudah mencapai orgasme.

Salah satu bagian intim yang kerap masih membingungkan itu adalah klitoris. Umumnya wanita memerlukan waktu lebih untuk mencapai orgasme dengan stimulasi klitoris. Namun stimulasi di area tersebut terbukti efektif. Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Sexual Medicine, 81% wanita bisa mencapai orgasme melalui stimulasi klitoris. Sementara hanya 25% wanita yang bisa mencapai orgasme melalui penetrasi.

Masih menganggap klitoris sebagai hal misterius? Berikut ini lima fakta mengenai klitoris:

1. Penis Wanita
Klitoris merupakan zona paling sensitif dari wanita dan terkadang disebut sebagai penis wanita. Kenapa disebut penis? Karena memang bagian tubuh tersebut mengandung titik-titik yang sama seperti penis. Klitoris ini letaknya sedikit tersembunyi.

Klitoris berada tepat di bawah tulang kemaluan di antara lipatan labia mayora dan minora. Letaknya yang tersembunyi ini membuat pria kerap melupakan area klitoris.

2. Berbagai Ukuran
Berdasarkan riset yang dilakukan Vicenzo Puppo, Ph.D. yang merupakan penulis buku Anatomy and Physiology of the Clitoris, ukuran klitoris wanita berbeda-beda. Panjang organ tersebut bisa mencapai 3 cm. Sedangkan lingkar klitoris bervariasi antara 1 sampai 3 inchi atau sekitar 2,5 cm sampai 7,6 cm.

Apakah ukuran klitoris ini mempengaruhi kemampuan wanita untuk orgasme? Ternyata menurut Puppo tidak. “Klitoris yang kecil dan tipis bisa tetap distimulasi dan berhubungan dengan orgasme yang hebat karena mendapatkan tekanan,” ujarnya.

3. Pertambahan Usia Tidak Mempengaruhi Klitoris
Tidak seperti pria yang kerap mengalami disfungsi ereksi atau masalah pada Mr. Happy saat usia semakin bertambah, respon klitoris wanita tidak berubah seiring pertambahan usia. “Wanita memiliki kemampuan fisik untuk bisa orgasme dalam usia berapapun,” kata Puppo.

4. Mesin Orgasme
Klitoris wanita pastinya berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan Mr. Happy pria. Karena ukurannya yang lebih kecil itu, pusat syaraf pun lebih terkonsentrasi. Dengan kondisi tersebut, dijelaskan Puppo, ketimbang penis, klitoris pun menjadi lebih sensitif ketika distimulasi. “Oleh karena itulah wanita memiliki kemampuan orgasme yang tidak terbatas,” ujarnya. Tak hanya itu wanita pun bisa dengan mudahnya mendapatkan orgasme lagi, setelah sebelumnya meraih klimaks pada satu sesi bercinta.(detik.com)