Kondisi Ini Bikin Wanita Sulit Orgasme Meski Sudah Menikah Bertahun-tahun

Wanita Orgasme

ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Kesulitan dalam mencapai kepuasan saat berhubungan intim memang sering dialami pria, misalnya saja disfungsi ereksi atau ejakulasi dini. Meski begitu, wanita pun juga bisa memiliki kesulitan ketika akan mencapai orgasme yang disebut frigiditas.

Dikatakan seksolog dr Andri Wanananda MS, dari sudut kedokteran-seksual, frigiditas diartikan sebagai gangguan mencapai orgasme. Jelasnya, wanita tidak bisa mencapai kenikmatan seksual.

Gangguan atau hambatan mencapai orgasme, yang juga dikenal dengan disfungsi orgasme pada wanita terdiri dari tiga jenis yaitu disfungsi orgasme primer, sekunder, dan situasional. Disfungsi orgasme primer yaitu tidak pernah mencapai orgasme dengan cara apapun sejak awal.

Kemudian, disfungsi orgasme sekunder di mana sebelumnya pernah mencapai orgasme tapi kemudian tidak dapat lagi mencapainya. Sedangkan, disfungsi orgasme situasional adalah kondisi di mana wanita hanya dapat mencapai orgasme melalui cara atau situasi tertentu.

“Bila wanita melakukan rangsangan sendiri secara manual, dengan jari tangan pada zona erotik, misalnya klitoris vagina dan bisa menikmati orgasme, maka ia tergolong disfungsi orgasme-situasional,” tutur dr Andri kepada detikHealth dan ditulis pada Selasa (10/6/2014).

Namun, jika wanita mengeluhkan nyeri pada vagina yang dominan saat berhubungan intim, dr Andri mneuturkan kemungkinan besar yang bersangkutan mengalami disfungi orgasme sekunder atau Situasional yang disebabkan gangguan pelendiran vagina yang tidak optimal.

“Kategori disfungsi orgasme ini amat menentukan metode terapinya. Maka dari itu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi yang memahami seksologi agar bisa ditentukan jenis disfungsi orgasme yang dialami untuk menetapkan terapinya,” kata dr Andri.

 

 

 

 

PhoneOrder Foredi via SMS Pin BB Add Pin BB