Ini yang Perlu Diketahui Tentang Disfungsi Seksual pada Perempuan

Gairah Wanita

Foto: Ilustrasi/Thinkstock

Disfungsi seksual tidak hanya dialami oleh kaum laki-laki, tetapi bisa juga dialami oleh perempuan. Difungsi seksual pada perempuan didefinisikan sebagai masalah mengenai kegigihan dan problem berulang terhadap respons seksual yang terlihat pada perempuan.

Seperti dikutip dari Medindia, Kamis (13/6/2013) wanita kerap mengalami masalah dengan fungsi seksual di beberapa titik dalam hidup mereka. Disfungsi seksual ini cukup umum dan memengaruhi hampir 30-50 persen dari wanita secara global.

Aktivitas seksual sendiri berhubungan dengan hubungan interpersonal, seperti masing-masing pasangan akan membawa sikap yang unik, kebutuhan, dan reaksi yang berbeda dalam menanggapi pasangannya. Nah, biasanya disfungsi seksual pada perempuan mungkin terjadi karena beberapa penyebab. Luka trauma pada alat kelamin atau daerah panggul, intervensi bedah, naik sepeda, kondisi medis, ketidakseimbangan hormon, dan obat-obatan adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan itu terjadi.

American Psychological Association (APA) mengklasifikasikan masalah seksual wanita sebagai:
1. Gangguan mental – hilangnya gairah seksual atau gairah
2. Ketidaknyamanan selama hubungan seksual
3. Aliran darah berkurang untuk vagina
4. Keengganan trauma terkait dengan seks
5. Ketidakmampuan untuk mencapai orgasme

Namun, hampir semua penyebab disfungsi seksual dapat diobati. Salah satunya dengan cara mengomunikasikan kekhawatiran dan pemahaman tubuh satu sama lain.

Adalah hal normal untuk merespons aktivitas seksual, karena ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan kepuasan dalam berhubungan dengan pasangan.

PhoneOrder Foredi via SMS Pin BB Add Pin BB