Ini Caranya Agar Seks Tetap Nikmat Meski Sedang Sakit Kronis

Seseorang yang memiliki penyakit kronis serius, biasanya akan kehilangan kemampuan untuk menikmati hubungan seks. Padahal seks dapat berkontribusi positif terhadap kesembuhan penyakit. Karena itu perlu cara untuk tetap menikmati seks.

Hubungan seksual yang sehat secara positif dapat mempengaruhi semua aspek kehidupan. Namun rasa sakit kronis dapat mengganggu seksualitas yang sehat.

Menurut WebMD, hampir 80 persen dari orang yang memiliki penyakit kronis mengalami penurunan yang signifikan terhadap fungsi seksual. Karenanya perlu diketahui cara yang tepat untuk tetap dapat menikmati seks meskipun tubuh masih berjuang melawan penyakit.

Seperti dilansir EmpowHer, Kamis (14/2/2013) hal-hal berikut ini dapat membantu seseorang melakukan hubungan seks yang memuaskan meskipun sedang sakit kronis:

1. Konsultasi ke dokter
Dokter biasanya akan meresepkan obat pereda nyeri untuk mengendalikan rasa sakit. Akan tetapi, beberapa obat dapat mengurangi dorongan seksual atau menghambat fungsi seksual.

Katakan kepada dokter jika obat yang diambil memiliki efek samping yang tampaknya mempengaruhi seksualitas. Dokter mungkin dapat merekomendasikan obat lain atau menyesuaikan dosisnya.

2. Menyesuaikan posisi bercinta
Cobalah posisi bercinta side-to-side atau berhadapan yang dapat meringankan tekanan pada leher. Gunakan juga bantal tambahan untuk mendukung posisi tubuh sehingga membuat lebih nyaman.

3. Merencanakan seks
Penyakit biasanya dapat memiliki siklus tertentu dimana beberapa hari akan terasa parah dan beberapa hari kemudian seperti menghilang. Untuk itu perlu menandai siklus tersebut dan merencanakan seks saat kondisi tubuh mendukung.

4. Mengambil obat pereda nyeri
Obat pereda nyeri juga bisa dikonsumsi sebelum mulai berhubungan seksual agar rasa sakit tidak menyerang di tengah-tengah seks. Tetapi perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apakah obat tersebut aman untuk dikonsumsi sebelum seks.

5. Mencari kepuasan di luar seks
Hubungan seksual adalah salah satu cara untuk mencapai keintiman. Akan tetapi ada cara lain untuk meningkatkan keintiman, seperti menyentuh, memeluk, mencium, dan memijat. Hal-hal di luar seks ini juga dapat menimbulkan kepuasan tersendiri bagi seseorang.

6. Masturbasi
Masturbasi adalah cara yang normal dan sehat untuk memenuhi kebutuhan seksual. Salah satu pasangan dapat melakukan masturbasi selama aktivitas seksual bersama jika pasangan lain tidak dapat aktif akibat penyakitnya.

7. Menggunakan pelumas
Jika pelumasan alami vagina bermasalah akibat konsumsi obat, pelumas bisa digunakan untuk mencegah rasa sakit penetrasi akibat kekeringan vagina.

PhoneOrder Foredi via SMS Pin BB Add Pin BB