Hati-hati, 4 Hal Ini Bisa Tingkatkan Risiko Infeksi Menular Seksual

Bercinta Pagi HariInfeksi menular seksual atau IMS biasanya lebih sering dikaitkan dengan seks bebas. Nyatanya, risiko penyakit ini juga meningkat karena hal-hal tak terduga lainnya.

Salah satunya adalah kebiasaan mencukur rambut kemaluan. Sebuah studi pernah menyebutkan bahwa mencukur rambut kemaluan sangat berkaitan dengan risiko infeksi menular seksual.

Dirangkum dari Huffington Post, berikut daftar hal-hal yang dapat meningkatkan risiko infeksi menular seksual alias IMS:

1. Mencukur rambut kemaluan

Sebuah penelitian terbaru menuturkan bahwa mencukur rambut kemaluan turut meningkatkan risiko IMS. Apalagi jika Anda melakukannya secara rutin. Menurut pakar kebidanan dan kandungan Jennifer Gunter, proses pencukuran atau waxing seringkali memicu munculnya luka pada kulit di sekitar organ intim, yang kemudian dapat memudahkan penularan infeksi. Jika Anda sudah terbiasa bercukur, maka berikan jeda waktu sampai Anda kembali bercinta.

2. Pernah IMS sebelumnya

Jika Anda pernah terkena infeksi menular seksual sebelumnya, maka risiko Anda untuk kembali mengalaminya menjadi lebih besar. Demikian dikutip dari Mayo Clinic. Alasannya, beberapa penyakit infeksi menular seksual seringkali menimbulkan bekas luka dan bahkan ada cairan lukanya, yang kemudian dapat memudahkan terjadinya infeksi ulang.

3. Douching

Satu lagi alasan bagi wanita untuk tidak melakukan douching. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang yang douching secara teratur 84 persen lebih mungkin untuk mengidap infeksi menular seksual, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah melakukannya.

Douching tidak hanya membuat bakteri sehat keluar dari vagina, tetapi juga membuat bakteri tak sehat bergerak masuk. Bakteri-bakteri ini sangat mungkin masuk ke dalam rahim dan bahkan dapat menyebabkan gangguan radang panggul. Untuk membersihkan vagina, Anda cukup menggunakan air bersih.

4. Bercinta tanpa lubrikasi

Bercinta saat vagina masih kering atau memaksakan tanpa lubrikasi dapat membuat munculnya luka. Luka di area organ intim yang lembab tentu akan memudahkan terjadinya infeksi. Demikian disampaikan oleh para peneliti dari Columbia University. Oleh sebab itu, sebelum bercinta pastikan lubrikasi Anda sudah optimal ya.

Kalau sudah terkena IMS maka suami dan istri harus sama-sama diobati supaya tidak ping-pong penyakitnya. Tips untuk terhidar daro IMS Untuk wanita bisa menggunakan TDM (Tissue Double Majakani) supaya dapat menghilangkan jamur dan gatal pada miss V, sedangkan untuk Pria gunakan foredi gel sebagai antiseptik sekaligus untuk tahan lama.

Info TDM cek di atasikeputihanwanita.com dan info Foredi gel cek di priaharmonis.com