Bagaimana Pria Bisa Mengalami Ereksi?

Pasanan MesraKemampuan pria untuk bisa ereksi ikut mempengaruhi kepuasan wanita dalam bercinta. Ketika suami kesulitan ereksi, kepuasaan seks bisa ikut menurun. Sebenarnya bagaimana ereksi bisa terjadi pada pria?

Situs WebMD, seperti dikutip CNN, menjelaskan ereksi dimulai dari otak. Stimulasi fisik atau mental menyebabkan syaraf-syaraf di otak mengirimkan pesan ke syaraf di penis. Pesan itu membuat pembuluh darah di penis menjadi lebih relaks sehingga darah bisa mengalir lancar ke penis.

Ketika darah sudah sampai di penis, tekanan yang tinggi ‘menjebak’ darah tersebut di area penis yang disebut corpora cavernosa. Ketika darah sudah ‘terjebak’ di area tersebut, penis pun membesar dan bisa ereksi.

Pria yang kesulitan ereksi sehingga penisnya tidak menegang mengalami hal sebaliknya dari kondisi di atas. Aliran darah yang tidak mengalir lancar ke penis menyebabkan penis tetap loyo.

Apa yang menyebabkan aliran darah ke penis ini tidak lancar? 70% masakah disfungsi ereksi pria sebenarnya disebabkan karena masalah diabetes, penyakit ginjal dan jantung? Fakta tersebut diungkapkan oleh pakar disfungsi ereksi dan urologist di Glickman Urological and Kidney Isntitute di Cleveland Clinic, Amerika Serikat.

Diabetes mempengaruhi kemampuan ereksi pria karena saat terkena penyakit tersebut terjadi kerusakan pada syaraf dan alirah darah. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, dua hal tersebut menjadi hal terpenting untuk membuat penis ereksi. Sehingga ketika seorang pria terkena diabetes, dia pun mengalami disfungsi ereksi. Pria berusia 45 tahun atau lebih muda dari itu harus mewaspadai hal ini. Ketika mereka mengalami disfungsi ereksi bisa menjadi peringatan adanya masalah diabetes.

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases mengungkapkan pria yang didiagnosa menderita diabetes terkadang memiliki masalah ereksi 10-15 tahun lebih cepat dari biasanya ejakulasi dini menyerang. Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 555 pria Italia terungkap juga, masalah sulit ereksi ini banyak terjadi pada mereka yang menderita diabetes tipe 2.

Selain diabetes, penyakit thiroid juga termauk yang menyebabkan pria tidak bisa ereksi. Kelenjar tiroid ini memproduksi hormon yang mempengaruhi fungsi seluruh tubuh termasuk penis. Sehingga ketika produksi hormon pada kelenjar tiroid ini terganggu, antara berlebihan atau terlalu sedikit, kemampuan pria untuk ereksi juga terpengaruh. Kelebihan hormon tiroid atau hipertiroidisme terjadi akibat adanya aktivitas kelenjar tiroid yang berlebihan.

Penelitian terbaru yang dilakukan di University of Florence dan University of Manchester menunjukkan, hipertiroidisme dapat menghambat proses ereksi atau menegangnya alat kelamin laki-laki. Menurut penelitian ini, 6 dari 10 penderita hipertiroidisme juga mengalami disfungsi ereksi.

PhoneOrder Foredi via SMS Pin BB Add Pin BB