5 Hal Pemicu Turunnya Libido: Diet Tak Sehat Hingga Malas Olahraga

Wanita Orgasme
dok. Thinkstock

Tanpa disadari, ada beberapa hal sehari-hari yang juga dapat diam-diam ‘membunuh’ libido. Mulai dari kebiasaan makan yang tak sehat, jarang berolahraga, hingga stres yang tak terkendali.

Agar kehidupan seksual Anda tak jadi terganggu gara-gara libido menurun, yuk kenali lebih dalam hal-hal apa saja yang bisa memengaruhinya. Berikut 5 hal pemicu turunnya libido, seperti dirangkum detikHealth pada Sabtu (8/4/2017):

1. Pola makan yang buruk

Perlu Anda ketahui bahwa konsumsi berlebihan makanan yang mengandung lemak juga memengaruhi libido. Ya, gairah bercinta akan menjadi mudah turun jika Anda terbiasa menerapkan diet ini.

Makanan sehat seperti sayur-sayuran hijau nyatanya tak cuma baik bagi kesehatan organ tubuh, tapi juga untuk libido. Jangan lupa untuk selalu memasukkan sumber-sumber mikronutrien dalam diet seperti vitamin dan mineral dari sayur dan buah, agar libido tetap terkendali.

2. Malas olahraga

Menyiapkan jadwal olahraga rutin tak cuma baik untuk jantung dan membantu mempertahankan berat badan ideal, tapi juga libido Anda lho. Seperti dikutip dari Body and Soul, nyatanya respons seksual menggunakan kerja sama antara hormon, otot, sistem peredaran darah dan saraf, yang semuanya terlatih saat Anda berolahraga. Nah, ketika semuanya berada dalam fase normal, maka libido Anda akan turut terbawa menjadi stabil.

3. Kurang tidur

Kurang tidur mengakibatkan gangguan metabolisme dalam tubuh, serta membuat Anda menjadi cepat lelah dan kurang berenergi. Dalam kondisi drop seperti ini, tubuh kemudian akan mengatur supaya libido Anda diturunkan, agar tubuh bisa beristirahat dan mendapatkan energi kembali. Ketika Anda sudah cukup tidur, tubuh akan kembali ‘membangunkan’ libido.

4. Stres

Sedikit stres dapat ‘diobati’ dengan bercinta. Namun ketika stres yang datang termasuk dalam kategori tingkat tinggi dan kronis, yang terjadi justru libido Anda akan terganggu. Tak cuma seminggu, jika tak diobati bahkan bisa sampai berbulan-bulan.

Stres memengaruhi keseimbangan hormon di dalam tubuh, termasuk hormon yang mengendalikan libido. Ketika Anda stres, hormon tersebut akan menurun dan Anda cenderung akan menjadi enggan untuk melakukan aktivitas seksual.

5. Tak percaya diri

Berbicara dan berpendapat negatif terhadap diri sendiri lama-kelamaan dapat membuat libido turun. Alasannya, libido tak cuma masalah fisik tapi juga mental. Ketika Anda merasa negatif dan tak percaya diri, maka itulah yang akan dicerminkan oleh tubuh. Agar libido tetap terjaga, cobalah bercermin dan percayalah pada diri Anda sendiri.